SOAL TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL

Nama : Ratna Ningrum
NPM : 15215680
 Kelas : 4EA33

Tugas Manajemen Pemasaran Global


1. Bagaimana Pendapat saudara tentang suatu produk (barang dan jasa) yang harganya murah, bisa dibeli dimana-mana, dan produksinya banyak. Apakah setiap orang menyukainya dan membelinya? Kaitkan jawaban saudara dengan segmentasi pasar dan bauran pemasaran.
Jawaban : Menurut saya, dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen memiliki harga yang murah, bisa dibeli dan jumlah produk yang banyak, pasti setiap konsumen pun akan menyukainya. Karena pada dasarnya, konsumen membeli barang tersebut untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Selain itu, produsen pun telah melihat segmentasi pasar dari berbagai segi seperti segementasi geografis, segmentasi demografi, segementasi psikologis, dan segementasi perilaku. Sebuah perusahaan pun akan memproduksi produk nya sesuai dengan segmentasi pasar dan kebutuhan konsumen terhadap produk yang akan dijualnya. Maka dari itu, sebelum melakukan penjualan, perusahaan pun telah melakukan riset pemasaran yang sesuai dengan bauran pemasaran yaitu produk apa yg akan dibuat, dimana tempat yang akan dijualnya, harga terhadap produk tersebut, dan bagaimana cara perusahaan memasarkan produk tersebut.

2. Buatlah contoh produk-produk massal dan produk special (barang dan jasa)!
Jawaban :
Produk massal : perabotan rumah tangga, mobil, motor, air mineral
Produk atau jasa special : produk limited edition (sepatu, mobil, tas yang diproduksi dengan jumlah 50 – 100 unit di dunia), paket wisata dengan fasilitas khusus seperti naik pesawat kelas binis atau hotel bintang lima.

3. Jelaskan definisi dari masing-masing perusahaan bisnis
 a. Contoh produk atau mereknya (negara asal atau produsen)
b. Domestik
c. Internasional
d. Multinasional
Jawaban :
a. Perusahaan domestik Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas negara. Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.
Contoh : BUMN seperti Garuda Indonesia, BNI, MANDIRI
b. Perusahaan Internasional Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.
Contoh : Google yang bertempat di Indonesia.
c. Perusahaan Multinasional Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda. Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen akhir.
Contoh : Yamaha, Toyota, dan Honda

4. Apa yang dimaksud dengan perusahaan atau organisasi dan beri contoh organisasi atau negara yang terlibat.
a. Cinocentris
b. Polisentris
c. Regiosentris
d. Geosentris
Jawaban :
 a. Cinosentris Posisi kunci hanya diisi/ditempati oleh mereka yang berkewarganegaraan sama dengan perusahaan induk.
Contoh : Apple Corporation.
b. Polisentris Meyakini bahwa manajer negara asinglah yang paling tahu pendekatan dan praktek kerja terbaik sehingga karyawan asing diberi kebebasan untuk membuat keputusan. Contoh : Citicorp.
c. Regiosentris Memilih warga negara regional untuk menduduki posisi baik dari negara asal maupun dari negara sewilayah.
Contoh : Amazon.com inc.
d. Geosentris Tidak membeda-bedakan negara asal karyawan. Yang dicari adalah pendekatan dan SDM terbaik bagi perusahaan.
Contoh : Citigroup.

5. Hal apa saja yang menjadi pertimbangan perusahaan melakukan bisnis global?
Jawaban :
1. Lingkungan pasar atau segmentasi pasar global.
2. Membuat strategi pemasaran.
3. Membuat anggaran atau biaya untuk produksi produk dan penempatan perusahaan apabila ingin menjadi perusahaan internasional.
4. Melihat regulasi atau kebijakan pemerintah dari negara bersangkutan.

Komentar

Postingan Populer