SOAL SEGMENTASI PASAR GLOBAL

MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL
Nama : 
 Deni Elisa H (11215685)
 Fitri Angraeni (12215732) 
 Novita Afrilia (16213556) 
 Ratna Ningrum (15215680) 
 Regina Amelia P (1B216121) 
 Renny Tunggal O (1B216891) 

Kelas : 4EA33 

1. Proses memilih suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama atau memiliki kebutuhan serupa disebut ..... 
a. Segmentasi pasar 
b. Manajemen pemasaran 
c. Positioning
d. Riset pemasaran

 2. Manfaat dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain sebagai berikut, kecuali ..... a. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-keenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah 
b. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar
c. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif 
d. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek 

3. Kriteria segmentasi pasar internasioanal, antara lain ..... 
a. Segmentasi geografis
b. Segmentasi tingkah laku 
c. Jawaban a dan b benar 
d. Jawaban a dan b salah

 4. Karakteristik populasi yang dapat diukur dari segmentasi demografis yaitu ..... 
a. Wilayah dan negara 
b. Umur dan jenis kelamin
c. Nilai-nilai yang dipercaya dan gaya hidup 
d. Tingkat penggunaan dan status pengguna 

5. Yang termasuk faktor psikografik adalah ..... a. Agama
b. Lokasi daerah 
c. Kesempatan 
d. Kepribadian 

6. Segmentasi manfaat global berfokus pada pembilang dari persamaan nilai, yaitu ..... 
a. Value = Benefit / Price 
b. Value = Benefit x Price
c. Value = Benefit – Price
d. Value = Benefit + Price 

7. Segmentasi vertical didasarkan pada ..... 
a. Kategori produk
b. Meodelitas 
c. Titik harga
d. Semua benar 

8. Di bawah ini merupakan manfaat dari segmentasi, kecuali .....
 a. Menempatkan konsumen sebagai yang utama kemudian mendesain dan mnyeleksi produk untuk kepuasan konsumen 
b. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon 
c. Segmentasi dapat dilakukan untuk mengevaluasi terhadap marketing strategi perusahaan dengan cara memanfaatkan peluang baru dan menghindarkan dari adanya potensi ancaman
 d. Alat perencanaan sehingga dapat dipilih alat promosi yang sesuai untuk menargetkan pada media yang tepat

 9. Menurut Bradley (2003), dalam memilih pasar sasaran faktor-faktor yang perlu diperhatikan yaitu ..... 
a. Sumber daya organisasi dan tipe produk
b. Tahap dalam daur hidup produk
c. Strategi pesaing dan strategi bersaing organisasi 
d. Semua benar 

10. Dalam tipe produk, ada produk yang disebut high differentiated product maka strategi yang bisa digunakan adalah .....
a. Undifferentiated marketing 
b. Differentiated marketing 
c. Concentrated marketing 
d. Unconcentrated marketing 

11. Sedangkan untuk produk yang low differentiated product maka strategi yang dipilih yaitu ..... 
a. Undifferentiated marketing
b. Differentiated marketing 
c. Concentrated marketing 
d. Unconcentrated marketing

 12. Tahap daur hidup produk memiliki siklus .....
 a. Perkenalan – pertumbuhan – pendewasaan – penurunan
 b. Penurunan – pendewasaan – pertumbuhan – perkenalan
 c. Pertumbuhan – pendewasaan – penurunan – perkenalan
 d. Pendewasaan – penurunan – perkenalan – pertumbuhan 

13. Secara umum segmentasi pasar internasional adalah berdasarkan aspek geografis (berdasarkan kelompok pasar di suatu negara), yang termasuk kelompok pasar Eropa adalah ..... 
a. Jepang, China, ASEAN, AFTA
b. EC, EFTA, COMECON 
c. US, Kanada, NAFTA 
d. ECOWAS, CEAO, CEUA, AMEU, EACU

 14. Di bawah ini merupakan pilihan strategi yang dapat dipilih untuk memasuki pasar Internasional, kecuali .....
 a. Licencing
 b. Joint Venture
 c. Import
 d. Direct Invesement 

15. Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi sebagai berikut, kecuali .....
 a. Biaya penelitian riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan 
b. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon 
c. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa. Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat 
d. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar 

Kunci Jawaban: 
1. A 
2. D 
3. C
4. B 
5. D 
6. A 
7. D 
8. B 
9. D 
10. C 
11. A 
12. A 
13. B 
14. C
15. D 

Komentar

Postingan Populer