Globalisasi

MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL








Nama : Deni Elisa H (11215685)
 Fitri Angraeni (12215732)
 Novita Afrilia (16213556)
 Ratna Ningrum (15215680)
 Regina Amelia P (1B216121)
 Renny Tunggal O (1B216891)
Kelas : 4EA33






Kata pengantar

Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga Penyusun  dapat menyusun makalah. Makalah ini membahas “Pengaruh Globalisasi Studi Kasus Miniso”. Dalam penyusunan makalah ini, Penyusun banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Oleh karena itu, Penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat Penyusun harapkan untuk kesempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian













BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pada era globalisasi dunia ekonomi dan bisnis memiliki intesitas persaingan yang tinggi. Perkembangan teknologi dan sistem komunikasi semakin canggih sehingga masyarakat dapat dengan mudah untuk saling berkomunikasi dengan yang lainnya. Hal ini menyebabkan pasar barang dan jasa lebih berinovatif. Persaingan pun semakin ketat, tidak hanya bersaing dengan perusahaan negara sendiri namun saat ini bersaing dengan perusahaan negara lain.
Pada saat ini banyak produsen yang mengambil bisnis retail yang produknya dapat langsung kepada konsumen terakhir, karena keinginan produsen yang ingin memperluas pasarnya. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian barang dan jasa. Cara pandang konsumen terhadap bisnis ritel yang semula dipandang sebagai penyedia barang atau jasa saja, namun sekarang menjadi bisnis yang inovatif, dinamis, dan kompetitif. Salah satu perusahaan retail yang saat ini sudah meluaskan pasarnya adalah Miniso.
Miniso merupakan perusahaan retail yang mempunyai posisi dalam saluran pemasaran sebagai toko pakaian dan aksesories yang memasarkan sendiri produk-produknya kepada konsumen akhir. Semakin meningkatnya persaingan dalam dunia retail membuat Miniso khususnya dalam era globalisasi ini mampu membentuk budaya tersendiri dalam masyarakat dan memiliki peran serta posisi dalam kehidupan sebagian masyarakat. Sebagai perusahaan ritel, Miniso mampu mempromosikan produknya dan membentuk perubahan aspek sosial budaya dalam menciptakan jenis gaya hidup yang baru didalam kehidupan masyarakat.

1.2 Rumusan Masalah
Bagaimana globalisasi dapat mempengaruhi gaya hidup dan mode dalam masyarakat pada perusahaan Miniso?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Agar mahasiswa mampu memahami pengertian Globalisasi
2. Agar mahasiswa mampu memahami dampak dari pengaruh globalisasi
3. Memaparkan contoh studi kasus terhadap pengaruh globalisasi











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Miniso dan Perkembangannya di Dunia
Miniso adalah sebuah brand desainer yang berbasis di Jepang, didirikan bersama oleh desainer jepang bernama Miyake Junya dan Pengusaha muda asal China bernama Mr. Ye Guofu di Tokyo, Jepang , dengan beberapa mantan pegawainya sebagai Chief Designer. Miniso merupakan promotor dari global “produk konsumen cerdas”. Miniso mendorong filosofi tentang hidup berkualitas dan di dalam terdapat jiwa untuk “menghormati konsumen” mendedikasikan diri mereka untuk menyediakan konsumen dengan produk berkualitas tinggi, harga dan kreatifitas yang kompetitif, dengan sederhan dan fitur kualitas  yang serta memimpin trend pada konsumsi cerdas. Kebanyakan produk Miniso memiliki harga antara USD 1.5 hingga USD 30, yang mana dijadikan favorit dari konsumen berumur 18 hingga 35 tahun.
Didirikan di Jepang pada 2013, MINISO aktif dalam mengeksplor pasar internasional dan telah membuka 2600 toko dalam kurun waktu 4 tahun, dengan Business Turnover Standing sebesar USD 750 Juta pada 015 dan hampir menyentuh USD 1.5 Miliar di 2016. Pada 2017 , volume penjualan MINISO telah mencapai USD 1.8 Miliar. Sekarang, MINISO telah memiliki kerjasama strategis dengan lebih dari 70 negara dan wilayah termasuk United States, Kanada, Russia, Singapura, Uni Emirat Arab, Korea, Malaysia, Hong Kong dan Macau, dengan rata-rata bulanan pertumbuhannya 80-100 toko.

2.2 Respon Masyarakat Dunia akan Eksistensi dan Ekspansi Miniso
Sama halnya seperti globalisasi, nyatanya Miniso merupakan fenomena yang erat kaitannya dan dimotori oleh globalisasi juga mengundang beragam respon dalam masyarakat. Ekspansi global merupakan hal yang dicari oleh setiap perusahaan yang sukses, dan hal ini terjadi pada Miniso. Pembentukan Miniso adalah penciptaan gaya hidup baru. Tidak sengaja menekankan kepada apa yang disebut fashion atau kepribadian, tetapi menawarkan produk yang bagus dan unik kepada konsumen. Pada saat bersamaan, Miniso tidak akan mempertimbangkan bahwa brand-brand terkenal harus meningkatkan valuenya. Sebaliknya, itu tercipta pada sudut pandang konsumen ketika mengembangkan produk, yang mana - kembali ke esensi, dan kembali ke alam, membuat produknya lebih modis, lebih dapat diandalkan dengan harga lebih rendah. Miniso memberikan warna hidup kita dengan berbagai macam produk dengan harga terjangkau, sehingga menjadi gaya hidup baru dan modis.
Miniso memperluas ekspansi mereka hingga ke Indonesia dan  mulai masuk pada bulan Desember tahun 2016. Indonesia merupakan Negara yang memiliki penduduk cukup besar di dunia, sehingga memiliki potensi pasar yang sangat besar terutama pada industri yang dijalankan. Terdapat beberapa produk yang dipasarkan oleh Miniso di Indonesia, yaitu:
- Health and Beauty
- Digital
- Kitchen
- Bags and Accessories
- Toilet
- Daily Life Products
- Food and Beverages


2.3 Analisis Pengaruh Globalisasi terhadap Pembentukan Gaya Hidup : Studi Kasus Miniso
Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa fenomena muncul dan berkembangnya Miniso sebagai perusahaan retail merupakan fenomena yang luar biasa. Dalam hal ini, dapat terlihat bahwa usaha ekspansi yang dilakukan Miniso memunculkan banyak respon dari masyarakat di berbagai penjuru dunia. Berkembangnya Miniso diseluruh dunia ini dimotori oleh sebuah fenomena yang dikenal sebagai globalisasi. Globalisasi dalam hal ini membantu memotori Miniso untuk dapat melakukan ekspansi dan mengglobal. Globalisasi memfasilitasi terjadinya dan penyebaran nilai-nilai serta produk pada Miniso berpengaruh pada kehidupan sebagian manusia di dunia.
Fenomena ekspansi yang dilakukan oleh Miniso merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji. Apa yang dibawa dan ditawarkan oleh Miniso menyebarkan ide yang kuat dan lebih dari sekedar produk. Bahkan, Miniso dapat dikatakan sebagai sebuah usaha “lifestyle Branding” karena Miniso menciptakan jenis produk baru dari pengalaman yang cerdas, yang mana bisa terlihat dalam logo Miniso berupa gambar tas belanja yang menunjukan sederhana tapi modis. Miniso berusaha untuk melayani konsumen dengan lebih pintar, lebih sederhana, dan produk yang ditawarkan lebih nyaman, sehingga membuat konsumen merasakan pengalaman yang cerdas, sehat dan gaya hidup yang bahagia saat berbelanja. Dengan memastikan kualitas tinggi dan teknologi yang canggih, Miniso juga memberikan prioritas yang sangat tinggi pada pengalaman berbelanja konsumen dan menciptakan budaya kualitas jasa, sehingga dapat menyampaikan fitur-fitur seperti kecerdasan, kesehatan, leisure, kualitas, dan kreatifitas melalui pengalaman berbelanja. Selain itu, Miniso juga meraih popularitas dari konsumen melalui Core Brand Edges yaitu selalu memperbaharui produk setiap tujuh hari, harga rendah, dan mentargetkan pada Rantai Produk Konsumen Cerdas.

Di zaman serba digital ini, Miniso juga ikut berpartisipasi melalui E-commerce ternama seperti Lazada, JD. ID, BliBli.com, Shoppee dan Tokopedia. Miniso membuka toko resmi di e-commerce  karena saat ini tren berbelanja online sangat semarak dan tren ini juga menjangkiti konsumen pecinta Miniso. Ditambah lagi dengan akses internet yang semakin cepat serta penggunaan smartphone yang semakin meningkat, yang memudahkan konsumen untuk berbelanja secara online.














BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
      Di era globalisasi ini, perusahaan retail sudah tidak lagi di pandang sebelah mata. Sebagai contoh perusahaan Jepang yaitu Miniso, globalisasi memfasilitasi terjadinya penyebaran nilai-nilai serta produk pada Miniso yang berpengaruh pada kehidupan sebagian manusia di dunia.
       Miniso merupakan salah satu fast fashion retail yang tengah berkembang di Indonesia. Memenuhi kebutuhan konsumen dengan gaya yang sederhana, menarik dan berbeda membuat Miniso menjadi fashion retail yang sangat berpengaruh. Dengan mengambil tema "lifestyle branding", Miniso mampu memberi gebrakan terhadap lifestyle konsumen di Indonesia. Miniso hadir di Indonesia pada tahun 2016 hingga sekarang, bahkan selain membuka berbagai gerai di kota besar di Indonesia, Miniso masuk ke dalam e-commerce guna menjangkau daerah daerah yang belum memiliki gerai Miniso.

Komentar

Postingan Populer